Powered by Blogger.

Sunday, February 28, 2016

TV china ada suara tapi gambar bergaris dari kanan kekiri

Berbagi pengalaman , dapet orderan tv  dengan 14 in dengan keluhan gambar cuman bergaris dari samping kanan ke kiri. kerusakan ini sering terjadi pada berbagai merk tv.. tak perlu lama2 langsung saya buka bok TV tersebut . karena gambar cuman muncul garis dari samping kanan ke kiri ,berarti gambr dari atas ke bawah tidak mau buka, dari sini saya telusuri bagin rangkaian vertikal... dalam hal ini rangkaian vertikal fungsinya membuka gambar dari atas ke bawah.. kalau yang dari kanan kekiri namanya rangkaian horizontal.. dari hasil penelusuran pada rangkaian vertikal di temukan IC vertikal sudah tidak utuh lagi, sebagian fisiknya pecah.. karna pecah nomer serinya hilang, langsung saja saya buka data sheetnya ternyata tv ini menggunakan IC vertikal dengan seri LA 78040 ..IC langsung saya ganti dan TV pun langsung saya coba nyalakan dan mak biiiyaaakkk ... rangkaian vertikal sudah bekerja dan gambar pun ada... lho...lho....byadalahie kok masih ada garis garis bagian atas... wah berati masih ada yang belum beres ini ... langsung saja saya telusuri lagi bagian rangkaian vertikal.... berawal dari kecurigaan saya pada elco salah seorang tersangka yang masih bikin ulah dilakukan pencarian.... tersangka pertama dengan ciri-ciri 100 mikro 35 volt... langsung di amankan dan langsung di priksa... ternyata ini biangkeroknya ketika di tes mengalami kebocoraan ... kemudian dilakukan penggantian pemain ... TV langsung saya coba nyalakan dan mak byarrrr gambarpun ada dan garis2 tidak ada lagi.... alhamdulilah berakhir juga perburuan hari ini.... selanjutnya bok pun langsung saya tutup dan menerima fulus.....

Previous
Next Post »

Note: Only a member of this blog may post a comment.