Powered by Blogger.

Friday, July 29, 2016

Kerusakan Tv Polytron Gambar Pelangi lalu Mati Standby

Menurut penilaian saya Tv Polytron keluaran baru merupakan tv yang cukup mudah rusak. Saya cukup sering menemui kerusakan Tv Polytron yang baru saja dibeli, dicoba di toko tvnya bagus tapi waktu dinyalahkan dirumah Tv sudah tidak mau hidup lagi. Kerusakan Tv polytron yang baru dibeli biasanya menimbulkan lampu indicator berkedip dan ada juga yang indikatornya tidak mau mati saat dinyalahkan. Ini merupakan kerusakan klasik yang sering ditemui pada Tv mrek Polytron, tetapi dari kelemahannya tersebut jenis tv ini cukup mudah diperbaiki, karena gejala kerusakan dan lokasi kerusakannya itu-itu saja juga komponennya mudah di pasaran dan bisa dipesan di agen polytronnya.


Tv Polytron Gambar Pelangi

Baru-baru ini saya menemui kerusakan yang tak lazim pada Tv Polytron. Kerusakannya hidup sebentar menimbulkan gambar pelangi dan kemudian mati standby. Sebenarnya saya sudah memperkirakan ini merupakan tanda protek pada tv ini. Kerusakan tv yang diprotek sering terjadi pada bagian vertical pesawat tv, tetapi anehnya mengapa menimbulkan gambar pelangi, karena biasanya kerusakan dibagian blog vertical akan menampakan satu  garis horizontal. 


Tv polytron ini masih milik teman, meskipun sudah pensiun dari usaha servis elektronik, jika ada teman atau keluarga yang minta bantuan masih saya kerjakan. Lalu tv saya buka dan saya langsung perhatikan bagian solderan di kaki IC verticalnya, saya gak hafal kode Ic vertical tersebut kalau tidak salah TDA5222, Ic ini sejenis dengan LA78040 atau LA78041. Saya perhatikan  memang ada dikaki IC yang solderannya retak, berarti inilah biang keroknya saya pikir. Karena sudah lama tidak memperbaiki tv, timah solder saja tidak diketahui dimana tempat menyimpannya. Karena pemilikm tv masih ada saya terpaksa mencari tima solder dari bekas papan PCB dari barang elektronik yang sudah tidak terpakai lagi. Setelah saya solder dan tv dicoba ternyata kerusakan masih seperti biasanya tv polytron masih menampakkan gambar pelangi.


Gambar Tv Polytron sudah Normal

Kupikir ada kerusakan lainnya di bagian vertical tv ini, kemungkinan besar adalah IC verticalnya yang perlu diganti. Tv kemudian saya tutup dan kepada pemiliknya untuk menunggu besok saja karena komponennya mau dicarikan dahulu. Lagian service elektronik diawasi sang pemilik barang tidak konsen juga takutnya ada kesalahan yang bisa menyebabkan keluarnya asap karena salah pasang komponen yang membuat pemilik barang mulai ragu dengan kemampuan kita. 

Besoknya sesuai rencana saya buka lagi Tv Polytron tersebut, sudah saya siapkan timah solder 2 meter dan satu IC vertical type LA78041. Tetapi sebelum penggantian IC saya yakinkan lagi dengan menyolder ulang kaki-kaki IC verticalnya lagi mungkin saja sorderan kemarin tidak kuat karena keterbatasan timah solder dan alat servis. Kemudian saya tes Tv dan ternyata gambar normal dan tidak mati standby lagi, itulah penyakit gambar pelangi yaitu di bagian vertical karena retaknya solderan di kaki IC vertikal.

Previous
Next Post »

Note: Only a member of this blog may post a comment.